Pages

Rabu, 07 Desember 2011

Kode rahasia NAZI

0 komentar
 
Siapakah dia?
Dia adalah Joe Desch mengepalai program yang super rahasia di National Cash Register Co. Dayton. Yang nantinya program tersebut dapat digunakan oleh USA untuk memecahkan kode rahasianya NAZI. Nama Program tersebut Bombe.
Kode rahasia NAZI  tersebut terdiri dari tiga sandi yang dienkripsi pada tahun 1942, dan belum pernah terpecahkan. Kala itu, proses enkripsinya dilakukan dengan mesin terbaru buatan Jerman yang sangat kondang, Enigma. Sandi-sandi tersebut menyimpan rencana serangan Nazi ke armada laut Sekutu di lautan Atlantik.
Pada awal abad ke -21
Perangkat komputer yang digunakan anak-anak dalam bermain game lebih canggih daripada komputer yg digunakan sekutu untuk memecahkan kode rahasia NAZI.
Selain Joe Dasch ada juga yang berhasil memcahkanya pria kelahiran Jerman, Stefan Krah yang juga seorang pemain biola dan kriptografer amatir. Akhirnya, Krah berhasil memecahkan sandi pada 20 Februari, ketika 196 huruf berhasil terbaca menjadi pesan yang dimengerti. 


 Berikut adalah isi pesan yang belum didekripsi: NCZW VUSX PNYM INHZ XMQX SFWX WLKJ AHSH NMCO CCAK UQPM KCSM HKSE INJU SBLK IOSX CKUB HMLL XCSJ USRR DVKO HULX WCCB GVLI YXEO AHXR HKKF VDRE WEZL XOBA FGYU JQUK GRTV UKAM EURB VEKS UHHV OYHA BCJW MAKL FKLM YFVN RIZR VVRT KOFD ANJM OLBG FFLE OPRG TFLV RHOW OPBE KVWM UQFM PWPA RMFH AGKX IIBG

Setelah didekripsi dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris, pesan tersebut akhirnya terbaca. Pesan itu dikirim pada 25 November 1942, bunyinya:

"Forced to submerge during attack. Depth charges. Last enemy position 0830h AJ 9863, [course] 220 degrees, [speed] 8 knots. [I am] following [the enemy]. [barometer] falls 14 mb, [wind] nor-nor-east, [force] 4, visibility 10 [nautical miles]."

Hartwig Looks, komandan kapal selam milik Jerman U264, yang kemudian terpuruk di laut Atlantik Utara pada Februari 1944, memverifikasi pesan tersebut berdasarkan catatan yang dimilikinya.

Kini proyek Krah terus berlanjut. Namun Krah mengatakan dirinya tidak yakin apakah dua sandi lainnya bisa terpecahkan. "Tak ada jaminan bahwa sandi lainnya akan terpecahkan juga," kata Krah, seperti dikutip detikinet, Minggu (5/3/2006) dari NewsFactor.

Bagi yang ingin melibatkan komputernya untuk memecahkan dua sandi lainnya, silahkan kunjungi: www.bytereef.org/m4_project.html. 


Sumber : http://books.google.co.id/books?id=oeiXZLlKq94C&lpg=PA153&ots=Wk_dkpFhM8&dq=kode%20rahasia%20nazi&hl=id&pg=PA154#v=onepage&q&f=false

Leave a Reply